My Mom, My HERO!!!

Ibu dan Anak

Tak tau dari mana awalnya, tapi kini kenangan itu selalu menyelimuti masa kesendirian. Teringat tentang perjuangan, teringat tentang pertemanan, ada rasa amarah sering kali dalam setiap bahasan. Tak pernah luput perselisihan.Kerap kali mengundang suara yang meninggi. Tapi semua itu menjadi penyemangatku untuk selalu bangkit dan kembali mengenang dari mana asalku.

Jari itu… kini kekuatannya melemah. Tak setangkas dulu. Mata itu kini tak terang lagi dalam melihat, bayangnya menjadi kabur apa yang ada didepannya butuh waktu untuk memperhatikan tak lupa dengan ekspresi yang memicingkan kelopak mata.

Semuanya berubah, entah jaman yang merubahnya. Tapi itu tak penting, tetap saja apa yang telah menjadi masa lalu takkan pernah berubah posisinya.

Yang dulu tiap malam, selalu ada dalam bayangan lamunan sebelum tidur kini ada di depan mata. Masih terngiang ucapan itu. Sungguh dari segala keegoisan yang dulu ada dalam dirimu kini telah kumaafkan. Kutahu dirimu selalu inginkan yang terbaik untuk ku, Untuk hidupku.

Entah kenapa, mungkin hanya sekedar ingin merefleksikan diri kedalam suasana dimana setiap hari, setiap saat harus mempertentangkannya denganmu. Ku merindukan saat itu karena kini telah kuhirup kebebasan itu untuk dapat sedikitnya melegakanmu. Masa-masa itu masih terasa mimpi telah kulewati. Ku melewatinya dengan luapan kebanggaan. Meski waktu takkan cukup bagiku nantinya untuk memberikan persembahan terbaik buah dari kekerasanmu, akan kubuktikan, akan KUBUKTIKAN bahwa cahaya terang perubahan itu takkan pernah meredup. Dia akan selalu menyala dan semakin terang. Akan kubangun cahaya itu, akan kunyalakan dalam kekokohan batinmu dan selalu akan menerangi jalan kegigihanmu.

Jauh darimu seringkali membuatku untuk berpikir lebih keras dalam menjalani hidup. Kadang kala ku menyesal, terlalu sering ku membuat kecemasan dalam hidupmu. Terlalu sering ku tak mengindahkan perkataanmu. Tak jarang ku menjawab dengan kedongkolan. Tapi kini setelah 3 tahun masa ku jauh dari sentakan mu yang keras membuatku sunyi. Jauh tersudut kedalam ruang yang sunyi.

Inilah hidup. Tak pernah ku berani untuk meneriakkan kelaparanku disini. Karena itu yang kau ajarkan “jangan pernah kau bergantung kepada seorang manusiapun dimanapun kau berada, dan kapanpun itu dimensi waktunya, kecuali pada Tuhan mu , Allah SWT”. Dirimu selalu membuatku tertekan dalam berfikir untuk menentukan tindakan karena kau selalu membatasi waktuku untuk dapat berfikir dengan logikaku. Kau selalu memaksakan logikamu, padahal ruang kita berbeda. Jauh, sangat jauh berbeda. Karena kita terpaut 37 tahun.

Baru kusadari, ternyata setelah ku berada di luar, kerasnya hidup melebihi apa yang kurasakan selama kuberada disisimu. Tidak banyak yang memahami posisi kekerasan itu. Tidak banyak yang mendapatkan kearifan dalam menghadapi badai nafsu. Tidak banyak yang tau bagaimana bertindak dalam limit waktu keputusan.

Kini, aku yang dulu kau lecuti dengan lidimu karena keterlambatanku dalam bergerak, kelalaianku dalam belajar, kemalasanku untuk giat dalam arus nafkah sangat mengispirasiku untuk mengahadapi keganasan hidup yang berbeda ruang denganmu. Arigatou Gozaimasu…, Oka San.

Kau adalah sosok pelitaku dalam setiap kebuntuan yang kuhadapi. Diriku hampa jika sehari ku tak dapat mengenangmu. Terimakasih untuk semua kekerasan itu. Ku takkan pernah menyesali takdirku, terimakasih telah merawatku, terimakasih telah menjagaku, terimakasih telah mengajariku untuk menghargai waktu. Syukurku telah dilahirkan dari Perempuan yang hebat. Terima kasih…

My Lovely Mom

4 thoughts on “My Mom, My HERO!!!

  1. wuah,
    kalo ngenang jasa ibu tuh… Gak akan ada habisnya..
    kebangetan deh yang gak berbakti sama ibu dan ayahnya..

    sekalipun beliau sudah gak ada,,, tetap, kita mesti berbakti padanya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s